Labbaik Allohumma Labbaik

Labbaik Allohumma Labbaik
Ziarah ke Baitullah

Jumat, 22 Mei 2015

KREATIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT



Perkembangan teknologi semakin hari semakin memudahkan kehidupan manusia, waktu dan jarak seperti tidak lagi menjadi penghalang seseorang untuk belajar. Tetapi pemanfaatan perkembangan teknologi ini sepertinya belum begitu maksimal terutama bagi para guru. Dewasa ini komputer sejenis desktop atau pun laptop sudah semakin banyak bertebaran dihampir setiap sekolah dan hampir setiap guru dapat mengoperasikan komputer. Media pembelajaran adalah salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi-materi pelajarannya dikelas dengan memanfaatkan komputer yang ada. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dibuat acuan untuk membuat multimedia pembelajaran di kelas.
Seiring dengan perkembangan zaman, Teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan Teknologi informasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam keidupan sehari-hari, hal ini dapat kita jumpai di kantor, sekolah dan lain-lain.
Dengan kondisi seperti sekarang ini, belajar seharusnya bukan lagi merupakan suatu hal yang membosankan, seperti beberapa dekade yang lalu. Berkat perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, bahan ajar dapat disajikan dengan suara dan gambar yang dinamis, tidak membosankan, serta padat informasi.
Paradigma lainnya adalah perubahan dalam konteks pusat pembelajaran. Apabila dahulu, guru merupakan pusat pembelajaran (Teacher Centric), kini bergeser menjadi murid sebagai pusat pembelajaran (Learner Centric).
Presentasi Power Point adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas. Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk presentasi Power Point. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan fasilitas yang cukup hebat untuk membuat media ajar.
Fitur powerpoint juga di lengkapi dengan fasilitas penggunaan Foto, Vidio, Audio, Animasi teks dan tombol interaktif yang dapat memberikan efek interaksi antara penyaji dan peserta didik, sehingga mempermudah guru dalam proses belajar mengajar.
 

1. Proses produksi
Proses produksi Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint antara lain :
  • Menyiapkan bahan ajar/materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai, sehingga media ini nantinya dapan di gunakan secara efektif dalam proses belajar mengajar.
  • Menyiapkan bahan pendukung, seperti Gambar/ foto, Video, Musik dan tombol-tombol interaksi yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
  • Tahap terakhir adalah pembuatan media dengan menggunakan Microsoft Powerpoint dengan menggunakan fitur-fitur yang menarik dan interaktif.
2. Penggunaan dalam proses belajar mengajar
Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dalam proses belajar mengajar menggunakan beberapa metode yang di rasa cocok dengan karakter media ini, yaitu Ceramah plus dan demonstrasi. Penarepan media berbasis IT ini dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Diterapkan secara offline: Penerapan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint secara offline bisa dilakukan dengan menggunakan LCD dengan ketentuan sekolah memiliki perangkat seperti LCD Proyektor dan PC/Notebook.
  • Diterapan secara online: Penerapan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint secara online bisa dilakukan dengan memberikan link pada web/ blog yang dimiliki olah guru. Sisa bisa membuka dan mendownload media tersebut.  

3. Manfaat
Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
  • Menumbuhkan kreatifitas guru dan siswa
  • Pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan ekonomis karena bisa dibuat dan di kembangkan sendiri oleh guru.
  • Bagi siswa bisa meningkatkan motivasi dalam menangkap/ menyerap materi pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar