Labbaik Allohumma Labbaik

Labbaik Allohumma Labbaik
Ziarah ke Baitullah

Kamis, 20 Februari 2020

Latihan Soal Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran


LATIHAN SOAL PILIHAN GANDA

TEORI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

KELOMPOK C2

1.    Tanggapan penerima pesan terhadap pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan disebut ....
a.     Message
b.     Komunikator
c.     Feed back
d.     Komponen
e.     Komunikan

2.    Untuk mengenalkan cara pemakaian suatu produk baru kepada masyarakat, maka akan lebih efektif dengan menggunakan media:
a.     Audio visual
b.     Audial
c.     Visual
d.     Visual Media
e.     Baleho

3.    Media pendengaran yang digunakan secara tradisional adalah ....
a.     Radio
b.     Telepon
c.     Handy talky
d.     Beduk
e.     Kaset

4.    Beberapa tata cara dalam menerima dan melakukan komunikasi melalui telepon antara lain ....
a.     Angkat gagang telepon setelah terdengar dering telepon 3x
b.     Bila pengucapan identitas penelepon sulit, mintalah ia mengulang
c.     Pesan penting dari penelepon asing harus segera disampaikan pimpinan
d.     Bila telepon merupakan sambungan dari operator, cukup katakan “Hello”
e.     Sebelum Anda menelepon, catatlah hal yang akan Anda sampaikan pada LPT



5.    Yang Anda katakan apabila ada seseorang menelepon pimpinan Anda, sementara pimpinan tersebut tidak berada detempat adalah ....
a.     Pimpinan tidak bisa menerima telepon, sedang pergi
b.     Maaf  pimpinan gak ada di tempat, ada pesankah?
c.     Pimpinan tidak ada ditempat, lebih baik nanti telepon lagi
d.     Oo, Bapak tadi baru keluar ruangan, apa Anda mau pesan sesuatu
e.  Maaf, Pimpinan tidak ada di tempat, apakah ada pesan atau nanti menghubungi kembali?

6.    Manfaat bekerjasama dengan tim bagi organisasi, antara lain ....
a.     Stress atau beban pekerjaan akan berkurang
b.     Tanggung jawab atas pekerjaan dipikul bersama
c.     Sebagai aktualisasi diri
d.     Meningkatkan produktivitas kerja
e.     Memperoleh balas jasa dan penghargaan

7.    Dalam penyediaan bantuan kepada pelanggan sering muncul kata-kata “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh perhatian oleh pemilik Toko Buku itu” Kalimat tersebut merupakan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang berupa ....
a.     Asumsi
b.     Spesifikasi
c.     Kesenangan
d.     Atribut layanan
e.     Identifikasi harapan

8.    Penampilan diri seseorang dalam pelayanan, yang terjaga rapi disebut ....
a.     Groming
b.     Penampilan prima
c.     Tata krama
d.     Kepribadian prima
e.     Etika penampilan

9.    Kemeja batik yang sopan dan menarik sering dipakai pejabat pada acara kenegaraan di Indonesia. Sesuai Etika berbusana, busana batik yang demikian disebut ....
a.     Busana yang baik
b.     Black Tie
c.     Dark suit
d.     Pakaian lengkap
e.     Pakaian resmi

10. Untuk menyelesaikan suatu proyek besar akan mencapai hasil yang lebih baik Jika ....
a.     Bekerja bersama dalam satu tim
b.     Para pekerja terdiri dari orang-orang profesional
c.     Salah satu pekerja ada yang berpengaruh
d.     Memiliki ambisi dan kepentingan yang sama
e.     Saling percaya satu sama lain

11. Aplikasi Software untuk office work yang digunakan untuk memproduksi dokumen ialah ....
a.    Ms. Excel
b.    Ms. Access
c.    Ms. Word
d.    Ms. Power Point
e.    Ms. Office

12. Anda diminta presentasi untuk menjelaskan isi makalah. Aplikasi perangkat lunak yang tepat Anda gunakan adalah ....
a.    Ms. Access
b.    Ms. Excel
c.    Adobe Photosop
d.    Ms. Power Point
e.    Ms. Word XP



13. Yang bertugas menentukan arah surat kepada unit mana surat diteruskan adalah ....
a.    Bagian penerima surat
b.    Bagian pencatat surat
c.    Bagian pengarah
d.    TU pengolah
e.    Unit kearsipan

14. Hari ini Anda menerima satu surat penting. Ketika Anda buka surat tersebut tertanggal empat hari yang lalu. Untuk itu pada saat pembubuhan stempel tanda terima, tanggal yang Anda tulis adalah ....
a.    Sesuai tanggal surat
b.    Tanggal hari ini dengan memberi catatan “terlambat”
c.    Tanggal empat hari yang lalu
d.    Sesuai tanggal hari ini
e.    Tak perlu diproses karena sudah lewat.

15. Surat masuk yang sudah diproses di bagian pengarah, selanjutnya diteruskan kepada ....
a.    Bagian pencatat
b.    TU unit pengolah
c.    Pimpinan
d.    Unit kearsipan
e.    Bagian pencatat

16. Untuk mendistribusi dokumen/surat ke antar bagian, peralatan yang tepat untuk digunakan adalah ....
a.    Stop map folio
b.    Lembar disposisi
c.    Map Snelhecter
d.    Buku Ekspedisi Intern
e.    Spring file

17. Mesin peralatan penggandaan yang sesuai untuk menggandakan dokumen yang menggunakan kertas shet sebagai master adalah ....
a.    Scanner
b.    Offset
c.    Risograph
d.    Stensil
e.    Foto copy

18. Salah satu cara menggandakan dokumen. Mesin pengganda harus dihubungkan dengan komputer kemudian komputer dihubungkan dengan printer, disebut mesin ....
a.    Risograph
b.    Offset
c.    Scanner
d.    Stensil
e.    Foto copy

19. Ditinjau dari segi pemakaiannya, maka cek, obligasi, dan kuitansi yang digunakan di perusahaan termasuk ....
a.    Dokumen pribadi
b.    Dokumen sejarah
c.    Dokumen pemerintah
d.    Dokumen aktif
e.    Dokumen niaga

20. Perbedaan pengetikan antara surat bentuk Official umum dengan Official dinas terltak pada ....
a.    Pengetikan alamat dalam
b.    Pengetikan nomor, lampiran hal
c.    Pengetikan hal
d.    Pengetikan tanggal
e.    Pengetikan kaki surat


21. “Menurut catatan dalam agenda sekretaris pimpinan akan mengadakan pertemuan rapat dengan dewan direksi” Ditinjau dari ciri-ciri bahasa surat, kalimat tersebut dikatakan ....
a.    Jelas
b.    Tidak jelas
c.    Lugas
d.    Tidak lugas
e.    Singkat padat

22. Penataan dokumen atau penyusunan berkas arsip secara tegak/menyamping di atas rak dengan menggunakan Brief Ordner yang disusun dari kiri ke kanan disebut penataan dokumen secara ....
a.    Vertikal
b.     Leterer
c.     Horisontal
d.     Campuran
e.     Lateral

23. Apabila sistem kearsipan yang digunakan dalam perusahaan itu adalah sistem subyek, maka pertama kali yang diperlukan dalam perusahaan adalah ....
a.    Memahami tentang kode, indeks, mengindeks
b.    Merancang Daftar Klasifikasi Masalah
c.    Menyiapkan filling cabinet, 12 guide dan folder
d.    Membuat Daftar Klasifikasi DDC
e.    Menentukan kode map untuk menyimpan arsip

24. Tanda pelepas dari warkat yang akan di arsipkan, dituliskan dengan singkatan “dep” istilah lain dari tanda pelepas ini adalah ....
a.    Release mark
b.    On call card
c.    Disposisi
d.    Out of slip
e.    Deponcer

25. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan kilat sistem penyimpanan yang paling tepat untuk jenis usaha ini adalah sistem ....
a.    abjad
b.    nomor
c.    wilayah
d.    tanggal
e.    perihal

26. Dalam penyimpanan sistem tanggal, jika satu laci memuat arsip dalam satu tahun, jumlah guide yang dibutuhkan adalah ....
a.    12 guide
b.    24 guide
c.    30 guide
d.    31 guide
e.    360 guide

27. Untuk menjaga nilai guna arsip sesuai fungsinya dilakukan kegiatan untuk mengurangi volume arsip baik dengan cara pemindahan maupun pemusnahan arsip yang disebut ....
a.    Pemindahan arsip
b.    Penyusunan arsip
c.    Penghapusan arsip
d.    Penyusutan arsip
e.    Pemusnahan arsip

28. Untuk melakukan pemeliharaan terhadap peralatan kantor yang digunakan, dengan cara ....
a.    Pengurangan frekuensi penggunaan
b.    Melakukan reparasi
c.    Penggantian peralatan yang rusak
d.    Diperlukan Maintenance
e.    Mempelajari/membaca buku petunjuk

29. Persiapan administrasi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pertemuan/rapat antara lain ....
a.    Undangan, hasil rapat yang lalu, alat tulis, notulis
b.    Undangan, hasil kertas kerja yang akan dibahas, OHP
c.    Undangan, snack, kertas kerja yang akan dibahas, LCD
d.    Map untuk bahan rapat, kertas kerja yang akan dibahas, Notula
e.    Flip chart, kertas kerja, notula, LCD, layar monitor

30. Untuk penyelenggaraan rapat yang bersifat Demokratis, dapat menggunakan pengaturan tempat duduk bentuk ....
a.    Setengah lingkaran
b.    Bentuk huruf  “V”
c.    Bentuk kelas
d.    Setengah lingkaran bersaf
e.    Bentuk huruf “U”

31. Untuk melakukan presentasi yang menarik kepada peserta rapat, maka peralatan yang dibutuhkan dalam Penyelenggaraan rapat baik melalui efek audio maupun fisualisasi adalah ....
a.    Portable OHP
b.    Proyektor LCD
c.    Transparancy film
d.    Transparancy maker
e.    Classroom OHP

32. Rapat dapat dihadiri oleh setiap anggota, materi yang dibahas bukan masalah yang bersifat rahasia. Menurut sifatnya, jenis rapat yang demikian disebut . . . .
a.    Rapat terbuka
b.    Rapat informasi
c.    Rapat rutin
d.    Rapat penting
e.    Rapat informatif

33. Catatan yang berisi jalannya rapat dan dibuat oleh seseorang yang ditunjuk atau sekretaris, disebut ....
a.    Resume
b.    Rangkuman
c.    Notula
d.    Agenda
e.    Notulis

34. Langkah pertama jika mendengar tanda bahaya kebakaran adalah ....
a.    Ambil alat pemadam kebakaran
b.    Tenangkan diri
c.    Selamatkan dokumen penting
d.    Meminta orang-orang untuk tidak panik
e.    Segera telepon polisi

35. Untuk melakukan presentasi yang menarik kepada peserta rapat, maka peralatan yang dibutuhkan dalam Penyelenggaraan rapat baik melalui efek audio maupun fisualisasi adalah ....
a.    Portable OHP
b.    Proyektor LCD
c.    Transparancy film
d.    Transparancy maker
e.    Classroom OHP

36. Anda diminta presentasi untuk menjelaskan isi makalah. Aplikasi perangkat lunak yang tepat Anda gunakan adalah ....
a.    Adobe Photosop
b.    Ms. Power Point
c.    Ms. Word XP
d.    Ms. Access
e.    Ms. Excel


37. Penataan dokumen atau penyusunan berkas arsip secara tegak/menyamping di atas rak dengan menggunakan Brief Ordner yang disusun dari kiri ke kanan disebut penataan dokumen secara ....
a.     Campuran
b.     Lateral
c.    Vertikal
d.     Leterer
e.     Horisontal

38. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan kilat sistem penyimpanan yang paling tepat untuk jenis usaha ini adalah sistem ....
a.    tanggal
b.    perihal
c.    abjad
d.    nomor
e.    wilayah

39. Rapat dapat dihadiri oleh setiap anggota, materi yang dibahas bukan masalah yang bersifat rahasia. Menurut sifatnya, jenis rapat yang demikian disebut . . . .
a.    Rapat rutin
b.    Rapat penting
c.    Rapat terbuka
d.    Rapat informasi
e.    Rapat informatif

40. Catatan yang berisi jalannya rapat dan dibuat oleh seseorang yang ditunjuk atau sekretaris, disebut ....
a.    Notula
b.    Agenda
c.    Notulis
d.    Resume
e.    Rangkuman



SOAL URAIAN KELOMPOK C2
Jawablah Soal berikut dengan jelas !
1.   Buatlah bagan surat dengan bentuk Semi Block Style dan Official Style!
2.   Apakah yang dimaksud dengan filling system tanggal/chronologis?
Sebutkan Jenis kelas maya ada 3 !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar