Labbaik Allohumma Labbaik

Labbaik Allohumma Labbaik
Ziarah ke Baitullah

Senin, 14 Oktober 2024

Latihan Soal Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran


NASKAH SOAL PILIHAN GANDA
TEORI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

KELOMPOK C2

1.    Tanggapan penerima pesan terhadap pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan disebut ....
a.     Message
b.     Komunikator
c.     Feed back
d.     Komponen
e.     Komunikan

2.    Untuk mengenalkan cara pemakaian suatu produk baru kepada masyarakat, maka akan lebih efektif dengan menggunakan media:
a.     Audio visual
b.     Audial
c.     Visual
d.     Visual Media
e.     Baleho

3.    Media pendengaran yang digunakan secara tradisional adalah ....
a.     Radio
b.     Telepon
c.     Handy talky
d.     Beduk
e.     Kaset

4.    Beberapa tata cara dalam menerima dan melakukan komunikasi melalui telepon antara lain ....
a.     Angkat gagang telepon setelah terdengar dering telepon 3x
b.     Bila pengucapan identitas penelepon sulit, mintalah ia mengulang
c.     Pesan penting dari penelepon asing harus segera disampaikan pimpinan
d.     Bila telepon merupakan sambungan dari operator, cukup katakan “Hello”
e.     Sebelum Anda menelepon, catatlah hal yang akan Anda sampaikan pada LPT



5.    Yang Anda katakan apabila ada seseorang menelepon pimpinan Anda, sementara pimpinan tersebut tidak berada detempat adalah ....
a.     Pimpinan tidak bisa menerima telepon, sedang pergi
b.     Maaf  pimpinan gak ada di tempat, ada pesankah?
c.     Pimpinan tidak ada ditempat, lebih baik nanti telepon lagi
d.     Oo, Bapak tadi baru keluar ruangan, apa Anda mau pesan sesuatu
e.     Maaf, Pimpinan tidak ada di tempat, apakah ada pesan atau nanti menghubungi kembali?

6.    Manfaat bekerjasama dengan tim bagi organisasi, antara lain ....
a.     Stress atau beban pekerjaan akan berkurang
b.     Tanggung jawab atas pekerjaan dipikul bersama
c.     Sebagai aktualisasi diri
d.     Meningkatkan produktivitas kerja
e.     Memperoleh balas jasa dan penghargaan

7.    Dalam penyediaan bantuan kepada pelanggan sering muncul kata-kata “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh perhatian oleh pemilik Toko Buku itu” Kalimat tersebut merupakan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang berupa ....
a.     Asumsi
b.     Spesifikasi
c.     Kesenangan
d.     Atribut layanan
e.     Identifikasi harapan

8.    Penampilan diri seseorang dalam pelayanan, yang terjaga rapi disebut ....
a.     Groming
b.     Penampilan prima
c.     Tata krama
d.     Kepribadian prima
e.     Etika penampilan

9.    Kemeja batik yang sopan dan menarik sering dipakai pejabat pada acara kenegaraan di Indonesia. Sesuai Etika berbusana, busana batik yang demikian disebut ....
a.     Busana yang baik
b.     Black Tie
c.     Dark suit
d.     Pakaian lengkap
e.     Pakaian resmi

10. Untuk menyelesaikan suatu proyek besar akan mencapai hasil yang lebih baik Jika ....
a.     Bekerja bersama dalam satu tim
b.     Para pekerja terdiri dari orang-orang profesional
c.     Salah satu pekerja ada yang berpengaruh
d.     Memiliki ambisi dan kepentingan yang sama
e.     Saling percaya satu sama lain

11. Aplikasi Software untuk office work yang digunakan untuk memproduksi dokumen ialah ....
a.    Ms. Excel
b.    Ms. Access
c.    Ms. Word
d.    Ms. Power Point
e.    Ms. Office

12. Anda diminta presentasi untuk menjelaskan isi makalah. Aplikasi perangkat lunak yang tepat Anda gunakan adalah ....
a.    Ms. Access
b.    Ms. Excel
c.    Adobe Photosop
d.    Ms. Power Point
e.    Ms. Word XP



13. Yang bertugas menentukan arah surat kepada unit mana surat diteruskan adalah ....
a.    Bagian penerima surat
b.    Bagian pencatat surat
c.    Bagian pengarah
d.    TU pengolah
e.    Unit kearsipan

14. Hari ini Anda menerima satu surat penting. Ketika Anda buka surat tersebut tertanggal empat hari yang lalu. Untuk itu pada saat pembubuhan stempel tanda terima, tanggal yang Anda tulis adalah ....
a.    Sesuai tanggal surat
b.    Tanggal hari ini dengan memberi catatan “terlambat”
c.    Tanggal empat hari yang lalu
d.    Sesuai tanggal hari ini
e.    Tak perlu diproses karena sudah lewat.

15. Surat masuk yang sudah diproses di bagian pengarah, selanjutnya diteruskan kepada ....
a.    Bagian pencatat
b.    TU unit pengolah
c.    Pimpinan
d.    Unit kearsipan
e.    Bagian pencatat

16. Untuk mendistribusi dokumen/surat ke antar bagian, peralatan yang tepat untuk digunakan adalah ....
a.    Stop map folio
b.    Lembar disposisi
c.    Map Snelhecter
d.    Buku Ekspedisi Intern
e.    Spring file

17. Mesin peralatan penggandaan yang sesuai untuk menggandakan dokumen yang menggunakan kertas shet sebagai master adalah ....
a.    Scanner
b.    Offset
c.    Risograph
d.    Stensil
e.    Foto copy

18. Salah satu cara menggandakan dokumen. Mesin pengganda harus dihubungkan dengan komputer kemudian komputer dihubungkan dengan printer, disebut mesin ....
a.    Risograph
b.    Offset
c.    Scanner
d.    Stensil
e.    Foto copy

19. Ditinjau dari segi pemakaiannya, maka cek, obligasi, dan kuitansi yang digunakan di perusahaan termasuk ....
a.    Dokumen pribadi
b.    Dokumen sejarah
c.    Dokumen pemerintah
d.    Dokumen aktif
e.    Dokumen niaga

20. Perbedaan pengetikan antara surat bentuk Official umum dengan Official dinas terltak pada ....
a.    Pengetikan alamat dalam
b.    Pengetikan nomor, lampiran hal
c.    Pengetikan hal
d.    Pengetikan tanggal
e.    Pengetikan kaki surat


21. “Menurut catatan dalam agenda sekretaris pimpinan akan mengadakan pertemuan rapat dengan dewan direksi” Ditinjau dari ciri-ciri bahasa surat, kalimat tersebut dikatakan ....
a.    Jelas
b.    Tidak jelas
c.    Lugas
d.    Tidak lugas
e.    Singkat padat

22. Penataan dokumen atau penyusunan berkas arsip secara tegak/menyamping di atas rak dengan menggunakan Brief Ordner yang disusun dari kiri ke kanan disebut penataan dokumen secara ....
a.    Vertikal
b.     Leterer
c.     Horisontal
d.     Campuran
e.     Lateral

23. Apabila sistem kearsipan yang digunakan dalam perusahaan itu adalah sistem subyek, maka pertama kali yang diperlukan dalam perusahaan adalah ....
a.    Memahami tentang kode, indeks, mengindeks
b.    Merancang Daftar Klasifikasi Masalah
c.    Menyiapkan filling cabinet, 12 guide dan folder
d.    Membuat Daftar Klasifikasi DDC
e.    Menentukan kode map untuk menyimpan arsip

24. Tanda pelepas dari warkat yang akan di arsipkan, dituliskan dengan singkatan “dep” istilah lain dari tanda pelepas ini adalah ....
a.    Release mark
b.    On call card
c.    Disposisi
d.    Out of slip
e.    Deponcer

25. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan kilat sistem penyimpanan yang paling tepat untuk jenis usaha ini adalah sistem ....
a.    abjad
b.    nomor
c.    wilayah
d.    tanggal
e.    perihal

26. Dalam penyimpanan sistem tanggal, jika satu laci memuat arsip dalam satu tahun, jumlah guide yang dibutuhkan adalah ....
a.    12 guide
b.    24 guide
c.    30 guide
d.    31 guide
e.    360 guide

27. Untuk menjaga nilai guna arsip sesuai fungsinya dilakukan kegiatan untuk mengurangi volume arsip baik dengan cara pemindahan maupun pemusnahan arsip yang disebut ....
a.    Pemindahan arsip
b.    Penyusunan arsip
c.    Penghapusan arsip
d.    Penyusutan arsip
e.    Pemusnahan arsip

28. Untuk melakukan pemeliharaan terhadap peralatan kantor yang digunakan, dengan cara ....
a.    Pengurangan frekuensi penggunaan
b.    Melakukan reparasi
c.    Penggantian peralatan yang rusak
d.    Diperlukan Maintenance
e.    Mempelajari/membaca buku petunjuk

29. Persiapan administrasi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pertemuan/rapat antara lain ....
a.    Undangan, hasil rapat yang lalu, alat tulis, notulis
b.    Undangan, hasil kertas kerja yang akan dibahas, OHP
c.    Undangan, snack, kertas kerja yang akan dibahas, LCD
d.    Map untuk bahan rapat, kertas kerja yang akan dibahas, Notula
e.    Flip chart, kertas kerja, notula, LCD, layar monitor

30. Untuk penyelenggaraan rapat yang bersifat Demokratis, dapat menggunakan pengaturan tempat duduk bentuk ....
a.    Setengah lingkaran
b.    Bentuk huruf  “V”
c.    Bentuk kelas
d.    Setengah lingkaran bersaf
e.    Bentuk huruf “U”

31. Untuk melakukan presentasi yang menarik kepada peserta rapat, maka peralatan yang dibutuhkan dalam Penyelenggaraan rapat baik melalui efek audio maupun fisualisasi adalah ....
a.    Portable OHP
b.    Proyektor LCD
c.    Transparancy film
d.    Transparancy maker
e.    Classroom OHP

32. Rapat dapat dihadiri oleh setiap anggota, materi yang dibahas bukan masalah yang bersifat rahasia. Menurut sifatnya, jenis rapat yang demikian disebut . . . .
a.    Rapat terbuka
b.    Rapat informasi
c.    Rapat rutin
d.    Rapat penting
e.    Rapat informatif

33. Catatan yang berisi jalannya rapat dan dibuat oleh seseorang yang ditunjuk atau sekretaris, disebut ....
a.    Resume
b.    Rangkuman
c.    Notula
d.    Agenda
e.    Notulis

34. Langkah pertama jika mendengar tanda bahaya kebakaran adalah ....
a.    Ambil alat pemadam kebakaran
b.    Tenangkan diri
c.    Selamatkan dokumen penting
d.    Meminta orang-orang untuk tidak panik
e.    Segera telepon polisi

35. Untuk melakukan presentasi yang menarik kepada peserta rapat, maka peralatan yang dibutuhkan dalam Penyelenggaraan rapat baik melalui efek audio maupun fisualisasi adalah ....
a.    Portable OHP
b.    Proyektor LCD
c.    Transparancy film
d.    Transparancy maker
e.    Classroom OHP

36. Anda diminta presentasi untuk menjelaskan isi makalah. Aplikasi perangkat lunak yang tepat Anda gunakan adalah ....
a.    Adobe Photosop
b.    Ms. Power Point
c.    Ms. Word XP
d.    Ms. Access
e.    Ms. Excel


37. Penataan dokumen atau penyusunan berkas arsip secara tegak/menyamping di atas rak dengan menggunakan Brief Ordner yang disusun dari kiri ke kanan disebut penataan dokumen secara ....
a.     Campuran
b.     Lateral
c.    Vertikal
d.     Leterer
e.     Horisontal

38. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan kilat sistem penyimpanan yang paling tepat untuk jenis usaha ini adalah sistem ....
a.    tanggal
b.    perihal
c.    abjad
d.    nomor
e.    wilayah

39. Rapat dapat dihadiri oleh setiap anggota, materi yang dibahas bukan masalah yang bersifat rahasia. Menurut sifatnya, jenis rapat yang demikian disebut . . . .
a.    Rapat rutin
b.    Rapat penting
c.    Rapat terbuka
d.    Rapat informasi
e.    Rapat informatif

40. Catatan yang berisi jalannya rapat dan dibuat oleh seseorang yang ditunjuk atau sekretaris, disebut ....
a.    Notula
b.    Agenda
c.    Notulis
d.    Resume
e.    Rangkuman




KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA, KELOMPOK C2

1. C                        11.  C                 21.  B                   31   B
2.  A                        12.  D                 22.  E                   32   E
3.  D                        13.  C                 23.  B                   33   C
4.  B                        14.  D                 24.  A                   34     C
5.  E                        15.  B                 25.  D                   35     B
6.  D                        16.  D                 26.  A                   36   B
7.  B                        17.  D                 27.  D                   37   B
8.  A                        18.  C                 28.  E                   38   A
9.  C                        19.  E                 29.  D                   39   E
10.                          A     20.              A     30.                 E     40        A


SOAL URAIAN KELOMPOK C2
Jawablah Soal berikut dengan jelas !
1.   Buatlah bagan surat dengan bentuk Semi Block Style dan Official Style!
2.   Apakah yang dimaksud dengan filling system tanggal/chronologis?
3.   Sebutkan Jenis kelas maya ada 3 !       


KELOMPOK C3

1.    Suatu sistem kepegawaian, dimana untuk pengangkatan pertama didasarkan atas kecakapan yang berangkutan disebut...
a.  sistem prestasi kerja
b.  sistem kombinasi
c.   sistem karier
d.  sistem campuran
e.   direct system

2.    Berikut ini adalah 4 unsur dari definisi Pegawai negeri, kecuali.....
a.  Memenuhi syarat tertentu
b.  Diserahi kebebasan untuk menentukan tugas sesuai dengan keperluan
c.   Diangkat oleh pejabat yang berwenang
d.  Digaji menurut peraturan yang berlaku
e.   Diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri

3.    Kedudukan yang menunjukkan tingkat seseorang PNS dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian, adalah pengertian dari
a.  Kedudukan                                            
b.  Pangkat                                                
c.   Jabatan
d.  Posisi struktural
e.   Posisi fungsional

4.    Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yang diberikan sebagai penghargaan kepada pegawai negeri sipil yang tewas atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada negara dan bangsa...
a.  Regular                                                  
b.  Pengabdian                                            
c.   Istimewa
d.  Anumerta
e.   Pilihan

5.    Berikut ini adalah kewajiban Pegawai Negeri, kecuali....
a.  Wajib setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Pemerintah
b.  Wajib mentaati semua peraturan perundang-undangan
c.   Wajib menyimpan rahasia pribadi yang berhubungan dengan pekerjaan
d.  Wajib menjalankan tugas kedinasan
e.   Mentaati ketentuan jam kerja

6.    Kenaikkan pangkat sebagai penghargaan bagi PNS yang telah mencapai batas usia pensiun dan akan mengakhiri masa jabatannya sebagai PNS dengan hak pensiun disebut…
a.  Kenaikan Pangkat Pilihan
b.  Kenaikan Pangkat Istimewa
c.   Kenaikan Pangkat Reguler
d.  Kenaikan Pangkat Pengabdian
e.   Kenaikan Pangkat Anumerta

7.    Suatu penghargaan yang diberikan atas pengabdian pegawai negeri  sipil terhadap negara adalah …
a.  Pangkat
b.  Kepangkatan
c.   Jabatan
d.  Pegawai
e.   Kenaikan pangkat

8.    Jabatan yang tidak jelas atau tidak digambarkan dalam struktur organisasi tetapi, jabatan itu harus ada karena fungsinya yang memungkinkan kelancaran pelaksanaan tugas organisasi adalah..
a.     Jabatan struktural         
b.    Jabatan fungsional
c.     Jabatan pegawai
d.    Pengangkatan jabatan
e.     Kenaikan jabatan

9.    Dalam rangka menjamin kesegaran jasmani dan rohani, maka kepada pegawai negeri sipil setelah bekerja selama jangka waktu tertentu perlu diberikan cuti. Cuti yang merupakan hak pegawai negeri terdiri atas..., kecuali...
a.  Cuti tahunan
b.  Cuti besar
c.   Cuti bepergian
d.  Cuti sakit
e.   Cuti bersalin

10.      Cuti yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah bekerja sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun secara terus menerus, lamanya cuti 12 hari kerja adalah....
a.  Cuti tahunan
b.  Cuti besar
c.   Cuti bepergian
d.  Cuti sakit
e.   Cuti bersalin

11.      Yang merupakan prasrana dalam kantor ialah ...
a.     Meja 
b.     Ruang kantor 
c.      Alat tulis kantor 
d.     Kursi 
e.      computer

12.  Yang merupakan kegiatan untuk mencatat dan menyusun daftar barang-barang/bahan yang ada secara teratur menurut ketentuan yang berlaku ialah....
a.    Permintaan
b.    Inventarisasi
c.    Pengadaan
d.    Perencanaan
e.    Pencatatan

13.  Memberi dan melengkapi fasilitas untuk segala kebutuhan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar salah satu tujuan dari...
a. administrasi sarana dan prasarana
b. perencanaan
c. pengadaan
d. permintaan
e. pemeliharaan

14.  standar sarana dan prasarana dalam setiap satuan pendidikan tercantum dalam pp no 19 tahun 2005 pasal berapa...
a. 43
b. 7
c. 21
d. 42
e. 15

15.  Menurut peraturan mendiknas tentang standar sarana dan prasarana SD/MI, SMP/MTS pada nomoi r 24 tahun berapa...
a. 2005
b. 2003
c. 2007
d. 2004
e. 2010

16.  Yang termasuk bahan tidak habus pakai adalah...
a. Meja
b. Spidol
c. Pulpen
d. Kertas
e. Tinta printer

17.  Gunakan prosedur pengelolaan sarana dan prasarana, ialah pengertian dari...
a. Inventarisasi
b. Pengadaan
c. Penyimpanan
d. Pemeliharaan
e. Penyusunan

18.  Sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses, ialah pengerian dari...
a. Sarana
b. Prasarana
c. Penyimpanan
d. Inventarisasi
e. Pengadaan

19.  Pemeliharaan yang dilakukan menurut jangka waktu tertentu, pengertian dari...
a. Pemeliharaan berkala
b. Pemeliharaan barang bergerak
c. Pemeliharaan sehari-hari
d. Pemeliharaan barang tidak bergerak
e. Inventarisasi

20.  Kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang  untuk menampung hasil pengadaan barang, pengertia dari....
a. Penyimpanan
b. Pemeliharaan
c. Penyusunan
d. inventarisasi
e. Pengadaan

21.  Aktiva di bawah ini yang tidak termasuk dalam kas adalah … .
a.    Cek mundur dari pelanggan.
b.    Uang dalam bentuk mata uang asing
c.    Cek dari pelanggan yang siap dicairkan
d.    Kas kecil
e.    Simpanan Giro di bank

22.   Pernyataan berikut ini tidak sesuai dengan pengelolaan dana kas kecil… .
a.    Digunakan untuk membayar jumlah pengeluaran yang relatif kecil
b.    Dibentuk dengan mengestimasi jumlah kas yang perlukan untuk pengeluaran yang relatif kecil selama periode tertentu
c.    Diisi kembali bila jumlah bila jumlah dana tersebut telah menurun ke jumlah minimum.
d.    Merupakan kelaziman bagi semua perusahaan,
e.    Untuk mencukupi kebutuhan pribadi pimpinan

23.   Dalam pembentukan dana kas kecil, besarnya jumlah dan sistem pencatatannya ditentukan oleh … .
a.    Bagian keuangan
b.    Bagian akuntansi
c.    Manajer keuangan.
d.    Bagian produksi
e.    Kasir

24.   Fungsi pemegang kas kecil sebaiknya dipisah dengan fungsi kas besar hal ini bertujuan … .
a.    Pemisahan fungsi menjadikan karyawan mendapatkan tugas yang jelas
b.    Menjamin keamanan dan akuntabilitas pengelolaan kas kecil
c.    Agar fungsi kas besar dapat bekerja dengan maksimal
d.    Pengawasan penggunaan check lebih mudah dilakukan
e.    Semuanya benar

25.   Dokumen yang berfungsi sebagai perintah pengeluaran kas dari fungsi akuntansi kepada fungsi kas besar yang tercantum dalam dokumen tersebut disebut … .
a.    Check
b.    Permintaan pengeluaran kas kecil
c.    Kuitansi
d.    Nota
e.    Bukti kas keluar

26.   Pihak yang berwenang untuk mengotorisasi bukti kas keluar adalah … .
a.    Dewan direksi
b.    Direktur utama
c.    Manajer keuangan
d.    Kepala bagian produksi
e.    Kasir kas besar

27.   Bukti kas keluar kaitannya dengan kas kecil biasanya digunakan dalam transaksi … .
a.    Pembelian perlengkapan dengan menggunakan dana kas kecil
b.    Pengembalian dana kas kecil karena terlalu besar
c.    Pengisian kembali dana kas kecil
d.    Penyesuaian akhir periode dana kas kecil
e.    Pencatatan selisih kas kecil

28.   Dokumen yang dibuat oleh kasir kas besar setelah bukti pengeluaran kas pembentukan dana kas kecil disetujui oleh direktur keuangan untuk dicairkan oleh bendahara kas kecil ke bank adalah … .
a.    Bukti kas keluar
b.    Faktur
c.    Cek.
d.    Bukti pengeluaran kas kecil
e.    Permintaan pengisian kembali kas kecil

29.   Dokumen yang merupakan bukti pengeluaran bagi pemegang dana kas kecil adalah … .
a.    Bukti kas keluar
b.    Nota tunai
c.    Permintaan pengeluaran kas kecil.
d.    Bukti pengeluaran kas kecil
e.    Permintaan pengisian kembali kas kecil

30.   Catatan akuntansi yang diperlukan pada saat pembentukan dana kas kecil adalah …
a.    Cash receipt journal
b.    Cash payment journal.
c.    Kas Register
d.    Purchase journal
e.    General journal

31.   Dibawah ini manakah yang bukan merupakan bagian penting dari pekerjaan humas dalam suatu organisasi?
a.    Membuat kesan
b.    Pengetahuan dan ketertarikan
c.    Keterampilan
d.    Penerimaan
e.    Simpati

32.     Bagaimana cara yang dilakukan oleh pemegang saham untuk menumbuhkan kepercayaan mereka kepada perusahaan ?
a.    Mengucapkan selamat kepada Pemegang saham baru
b.    Menunda-nunda pengiriman majalah berkala organisasi
c.    Tidak menepati janjinya
d.    Tidak melaksanakan tugasnya dengan maximal
e.    Bersikap kurang baik terhadap pemegang saham baru

33.     Manakah yang bukan merupakan hubungan dengan public ekstern ?
a.    Customer Relations
b.    Community Relations
c.    Government Relations
d.    Hubungan dengan media massa
e.    Hubungan dengan rekan kerja

34.     Berikut ini adalah sasaran humas ecara khusus, kecuali . . .
a.    Humas Pemerintahan
b.    Humas Negara
c.    Humas Industri dan Bisnis
d.    Humas Sosial
e.    Humas Profesi

35.     Yang bukan merupakan media cetak/media penyampaian adalah . . .
a.    Surat kabar
b.    Tabloid
c.    Majalah
d.    Koran
e.    Radio

36.     Perannya untuk merancang suatu program humas yang progresif, termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers, merupakan pengertian dari . . .
a.    Humas Organisasi Sukarela
b.    Humas Profesi
c.    Humas Organisasi Internasional
d.    Humas Sosial
e.    Humas Pemerintahan

37.     Berikut ini merupakan proses kegiatan humas, kecuali . . .
a.    Merancang peran tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman
b.    Melakukan segmentasi-segmentasi media
c.    Melakukan presentasi besar-besaran
d.    Komunikasi interaktif
e.    Iklan Multiguna

38.     Manakah yang bukan merupakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang humas ?
a.    Menyalahgunakan kepercayaan
b.    Memberikan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan
c.    Dapat dipercaya
d.    Mengadakan kerjasama dengan individu.kelompok yang dapat merugikan individu lainnya
e.    Menggunakan metode, cara, manipulan yang dapat mengakibatkan oranglain akan kehilangan kebebasannya untuk bertindak sebagai respons

39.     Dibawah ini merupakan tugas pokok humas tentang penelitian-penelitian yang diadakan oleh IPRA, kecuali . . .
a.    Mencegah konflik dan salah pengertian
b.    Memperbaiki hubungan industrial
c.    Memasyarakatkan produk atau layanan
d.    Memancing permasalahan
e.    Menciptakan jati diri institusi

40.     Kata “ethics” berarti etika, yang berasal dari bahasa. . .
a.    Yunani
b.    Inggris
c.    Kanada
d.    Indonesia
e.    Perancis

KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA, KELOMPOK C2

1.        C
2.        B
3.        C
4.        D
5.        C
6.        D
7.        E
8.        B
9.        C
10.     A
11.     B
12.     B
13.     A
14.     D
15.     C
16.     A
17.     B
18.     B
19.     A
20.     A
21.     A
22.     E
23.     C
24.     E
25.     C
26.     B
27.     B
28.     B
29.     D
30.     B
31.     C
32.     A
33.     E
34.     B
35.     E
36.     A
37.     C
38.     C
39.     D
40.     B



SOAL URAIAN KELOMPOK C3
Jawablah Soal berikut dengan jelas !
1.    Dalam  menyampaikan laporan secara tertulis sebaiknya disertakan bukti pendukung.  Bukti pendukung apa saja yang harus dilampirkan ?
2.    Jelaskanlah pengertian penilaian kerja pegawai!
3.    Bagaimana tata cara pengadaan pegawai, jelaskan !

       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar